Saturday, October 22, 2011

PERAN OPERATOR DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN & PEREKONOMIAN DI PINGGIRAN KOTA DAN DI PEDALAMAN







Tema : PERAN OPERATOR DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN & PEREKONOMIAN DI PINGGIRAN KOTA DAN DI PEDALAMAN



Pada awal September 2011 kemarin saya berkesempatan hunting foto di pegunungan Halimun di daerah sukabumi, banten selatan. Memang untuk menuju keperkampungan di puncak pegunungan itu butuh perjuangan dan semangat 45 serta perbekalan yang memadai.Dalam pikiran saya terbayang bagaimana cara berkomunikasi dengan keluarga, sementara kami diatas gunung ( yang pasti tidak ada sinyal operator seluler ).
Kami mulai masuk hutan malam hari, dan benar saja, sinyal telepon seluler kami nol alias tidak ada sinyal. Daripada kehabisan baterai, maka HP saya matikan.Semalaman kami berjalan tanpa bisa berkomunikasi dengan dunia luar. Perasaan was-was menyembul dalam hati.
Pagi-pagi berkabut dan hawa dingin menyambut kami di perkampungan Cipta Gelar yang notabene di puncak pegunungan.
Apa yang terjadi? Saya mencoba menyalakan hp saya,dan ternyata? Wooow sinyalnya penuh. Memang saya pengguna XL sejak dulu.Saat yang lain sinyalnya naik turun, sinyal XL saya tetap penuh. Saya melihat ke sekeliling, ternyata berdiri tegak pemancar telepon seluler. Saya tidak menyangka di daerah setinggi ini pembangunan sudah benar benar masuk. Saya melihat gedung sekolah dasar, Bidan praktek ( mungkin cuma satu-satunnya ), balai desa, mushola,rumah rumah berjejer rapi walau beratapkan daun nira.
Disini saya menyadari pentingnya komunikasi yang lancar dengan operator seluler yang murah sangat dibutuhkan. XL sangat bisa diandalkan di daerah pedalaman Banten selatan ini. Disini orang belum terlalu mencari teknologi seperti ipad/iphone. Bagi mereka bisa bekomunikasi jarak jauh dengan lancar sudah merupakan kemajuan tersendiri.
Saya melihat mulai anak muda sampai kakek- kakek sudah terbiasa dengan barang kecil ajaib itu ( ponsel ). Kini pembangunan di daerah pedalaman semakin bisa terjangkau. Pak camat sudah mau bersusah payah naik gunung untuk ikut merayakan panen raya itu.
Semngat untuk membangun kampung halaman ini tidak lepas dari lancarnya komunikasi jarak jauh yang sudah bisa dilakukan dengan ponsel berkat adanya menara-menara operator seluler. Mereka menempatkan diri tepat saat dibutuhkan. Bagi mereka, operator yang bisa ada sinyal, itu yang mereka pakai, dan XL sangat penuh sinyalnya.
Bagi dunia pendidikan, peran ponsel sangatlah penting di daerah seperti kampung cipta gelar tersebut. Bayangkan kini para guru sudah mau mengajar di daerah terpencil itu, semenjak adanya telepon seluler.
Perekonomian masyarakat Cipta Gelar juga sudah semakin membaik, mereka bisa menjual hasil panen mereka ke kota. Mereka cukup menelpon mobil sewaan untuk mengangkut hasil panen. Jadi? Barang kecil ajaib ini sudah bisa merubah peradapan di daerah pedalaman dari yang terkucil menjadi daerah maju dan ramai seperti daerah daerah lainnya.Apa isi dari barang kecil ajaib itu, XL, provider andalan.


Yamtono


No comments:

Post a Comment